Lesson’s life at 9 Nov 2012


Jumat, 9 November 2012
Lesson for this day :

“Don’t judge someone stupid or useless, he or she has a great power to defeat you!”

Pelajaran di atas diinspirasi dari kejadian saat praktikum mikrobiologi. Praktikumnya belom masuk praktikum yang “WOW” gitu, soalnya masih pengenalan alat yang bakal dipake buat percobaan selanjutnya. Pas asisten laboratorium ngejelasin cara kerja inkubator, (ceritanya inkubatornya baru beli nih, masih fresh, canggiiih), anak-anak masih pada bingung cara ngefungsiinya. Mereka diskusi sama asisten labnya kok inkubatornya bisa gini kok bisa gitu. Dijelasin deh sama mbak asisten labnya. Tapi pas pertengahan njelasin, mbak asistennya dipanggil sama kepala laboratorium, ada urusan sebentar katanya. Nah, sempurna sudah, udah bingung, ditinggal pula. Karena bingung, diskusilah kita.

Sebut saja, Melati, dia tanya “kok tombol T inkubatornya bisa buat nentuin dalam sekali sistem batch?”. Si Lina njawab pertanyaanya si Melati, jawabannya sudah cukup meyakinkan tapi pas nyampe puncak jawaban, jawabannya Lina ngambang (diPHP-in L). Bingung lagi deh kita semua. Dengan memberanikan diri, si Nono nyoba njawab walaupun dengan ragu-ragu. Tapi reaksi si Melati mendengar jawaban si Nono, dia ngomong sambil ndengus, “Kok kamu bisa tau? Dono aja yang pinter aja nggak tau!” Nah loh! Dari respon Melati, aku nanggepin jawaban si Melati, “Ya mungkin aja Nono udah mbaca duluan, makanya bisa lebih tau dari Dono!”. Melati malah mandang mukaku sambil melongos. Dari situ, aku tau, aku bisa menebak, si Melati kurang menghargai Nono, walaupun Nono sudah mencoba berbaik hati buat mbantu njawab, tapi seenggaknya ya responlah kebaikan si Nono dengan baik bukannya malah direspon jelek.

Dari kejadian itu itu, aku percaya, seburuk-buruknya, sejahat-jahatnya, sebego-begonya, se-se”yang jelek lainnya”, seseorang yang diremehkan pasti punya kelebihan yang nggak dimiliki sama orang yang meremehkan dia. Walaupun memang dia tidak jago dalam bidang itu, tapi bisa jadi dia ahli dalam bidang tertentu, dan saat kita masuk dalam dunia yang menjadi keahliannya, kita akan terkagum-kagum dengan kemampuan luar biasanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s