Piano Hutan (Cara Bermain Piano dengan Bagus)


images

*(Sumber Gambar : Google)

Tau komik judulnya “Piano Hutan” gak? Komik kereeeen yang cerita tentang kehidupan Kai bersama piano. Nah, aku baca komik ini kemarin sore di Perpustakaan Kota Malang buat ngabisin waktu liburanku. Pesen dari komik itu bermanfaat banget loh, apalagi buat yang sekarang belajar piano atau yang mau belajar piano. Aku udah baca komik ini sih pas SMP dulu, tapi pingin baca lagi abis baaaguuus banget ceritanya. Dulu, aku sampe ngayal pengen ngerasain gimana rasanya main piano (pas ak baca komik “Piano Hutan”, aku juga baca komik “Nodame Cantabile” yang tambah bikin ngiler buat belajar musik, khususnya piano). Yang belom baca, aku saranin baca deh J

Alasanku “mbuka” lagi komik ini soalnya entar lagi aku ujian piano. Nah, sebelum ujian piano, aku kudu latihan bersama dulu sama murid-murid guruku yang mau ujian juga kayak aku. Aku ujian di level dasar nih, di Pra Indira I. Ada 2 murid yang nemenin aku ujian Pra Indira I, ada juga 2 murid lain yang ujian level Pra Indira II (level satu tingkat lebih tinggi dari Pra Indira I). Ceritanya nih, di latihan bersama, kita semua satu per satu harus nampilin bahan yang mau diujikan. Ada yang mainnya bagus, ada juga yang kurang bagus. Nah, aku termasuk yang kurang bagus nih pas main 😥 Walaupun kata guruku, aku tergolong cepet nyelesein level dasar, soalnya aku bisa nyelesein materi ujian Pra Indira I kurang dari satu tahun dibanding murid-murid lainnya yang selesai 1 tahun bahkan banyak yang lebih dari setahun. Tapi tetep aja pas tampil di latihan bersama, aku ngerasa jelek, banyak yang miss. Setelah introspeksi diri, ternyata aku nih termasuk orang yang gugupan, mudah tegang, apalagi kalo main di depan orang banyak yang notabene pada kenal semua sama aku (mending main di seribu orang tapi ga kenal dah daripada 10 orang yang udah kenal). Padahal sebelum latihan bersama ini, aku latihan sendiri bisa, dilihat ma guruku pas les bisa, tapi kenapa main cuman di depan 6 orang aja, aku jelek? Haaaiiih..

Akhrinya aku nyari cara biar aku bisa main bagus, nggak gugupan gitu lagi. Dari yang konsultasi ma guru pianoku, diskusi ma temen yang udah ujian, browsing di internet juga. Semua jawaban sama aja, kalo pengen main bagus kudu banyak latihan, latihan dan latihan; kuasai lagunya sampe apal; dan kalo main kudu tenang.

Emang sih pesan-pesan dari komik “Piano Hutan” sama kayak yang aku browsing, yang aku diskusiin, tapi pesan-pesannya lebih mengenaaa.. Soalnya dibikin cerita menarik, ga pesan-pesan gitu aja.
Pesan dari komik itu : Pertama yang kamu pelajari itu adalah latihan, latihan, latihan dan latihan terus. Karena dengan latihan terus menerus, kita akan terbiasa dan permainan kita semakin meningkat.

Kedua, bayangkan suatu tempat yang bikin kamu ngerasa nyaman, tenang, tentram, bahagia dan damai di dalemnya. Rasakan kedamaian tempat itu dan nikmati perasaan seperti itu. Biarkan perhatianmu tertuju hanya pada piano. Fokus dan berkonsentrasilah hanya pada piano, biarkan sekelilingmu seperti tempat indah yang membahagiakan seperti khayalanmu. Biarkan dirimu bebas, memainkan nada-nada terindah dengan gayamu.

Ketiga, bermainlah piano dengan gayamu, jangan meniru gaya orang lain. Walaupun kamu pembaca not, utamakan perasaan dalam permainan pianomu. Perasaan dalam bermain piano itu penting. Karena dengan memainkan perasaan di dalamnya, pesan dari lagu yang kita mainkan akan lebih mengena daripada hanya memainkan lagu tanpa perasaan. Lalu gimana cara kita dapet feelnya? Kita kudu tau pesan dari lagu itu apa, suasana yang dibikin dalam lagu itu.

Setelah nerapin tips ini, aku mulai percaya diri buat mainin piano. Main piano itu emang sulit, tapi kalo kita rajin latihan dan latihan dan terus berusaha ga kenal nyerah, well, we can play it like a great musician! Ganbateeee 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s