Hijaukan Bumi dengan Jabon – Tanaman Kayu Unggulan Kota Malang


           Malang merupakan kota yang terletak di dataran tinggi. Kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah ibukota Provinsi, Surabaya. Karena itu, setiap tahun Malang semakin maju dan berkembang diiringi dengan meningkatnya pertumbuhan jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi per kapita, dan pertumbuhan pembangunan. Maraknya pertumbuhan ini akan mengakibatkan banyaknya kebutuhan baik primer, sekunder maupun tersier yang harus dipenuhi. Untuk memenuhi kebutuhan primer, lahan yang awalnya digunakan untuk lahan persawahan dan perkebunan kini digunakan untuk membangun perumahan, ruko-ruko, atau  mall sehingga lahan terbuka hijau yang berfungsi untuk menyimpan cadangan air tanah dan mencegah banjir menjadi berkurang. Banyak pula pohon ditebang untuk memenuhi kebutuhan furnitur sehingga kebutuhan akan tanaman kayu semakin meningkat yang menyebabkan banyaknya hutan gundul karena tidak direboisasi. Selain itu, banyak juga penebang yang tidak mematuhi aturan tebang-pilih-tanam, sehingga banyak pula pohon yang belum cukup umur untuk panen akhirnya ditebang.  Untuk kebutuhan tersier, penjualan kendaraan bermotor semakin meningkat, yang mengakibatkan semakin meningkat pula polusi udara yang dihasilkan akibat pembakaran bahan bakar fosil di mesin kendaraan.

            Untuk mengatasi hal-hal tersebut, berbagai program penghijauan digalakkan. Manfaat penghijauan antara lain : manfaat estetis / keindahan, pohon memiliki bentuk khas sehingga menciptakan keindahan sendiri, selain itu bangunan tanpa pohon akan terasa gersang; akar pohon mampu mencegah erosi; pohon dapat menyerap air hujan sehingga akan ada persediaan air tanah dan tidak menimbulkan banjir; dengan banyak pohon, udara terasa sejuk dan nyaman;  manfaat edaphis, manfaat yang berkaitan dengan tempat hidup binatang, semakin banyak pohon, semakin nyaman hidup binatang tersebut; manfaat protektif, pohon mampu memberi perlindungan terhadap terik matahari, angin kencang, dan hujan; manfaat edukatif, dengan banyaknya pohon yang ditanamn, kita akan mengenal berbagai jenis pohon; manfaat yang paling penting adalah pohon mampu menyuplai oksigen yang diperlukan untuk kebutuhan metabolisme makhluk hidup.

Karena manfaat penghijauan yang begitu besar, penanaman berbagai jenis pohon gencar dilakukan. Penghijauan begitu penting karena selain memiliki manfaat yang begitu besar seperti yang telah dijelaskan, penghijauan juga dapat mencegah dampak-dampak yang ditimbulkan dari semakin majunya suatu kota. Untuk itu, mari kita juga turut serta menghijaukan bumi dengan melakukan penghijauan, menanam berbagai jenis tanaman, terutama tanaman berkayu. Berbagai jenis pohon yang digunakan untuk penghijauan dipilih berdasarkan alasan cepat tumbuh sehingga cepat dirasakan manfaatnya. Pohon-pohon tersebut antara lain akasia (Acacia mangium), jati, mahoni (Swietenia macrophylla), jabon, johar, trembesi. Salah satu tanaman kayu yang menjadi trend di masyarakat kota Malang untuk penghijauan adalah pohon jabon.

Bibit tanaman jabon di Malang, Jawa Timur dipilih karena memiliki banyak keunggulan dibanding bibit tanaman kayu yang lain, antara lain pertumbuhan pohon jabon yang sangat cepat. Diameter batang pohon jabon dapat tumbuh 10 cm/tahun, tinggi batang dapat mencapai 20 meter pada usia 20 tahun, sehingga pohon jabon dapat dipanen pada usia 6-8 tahun. Batangnya silnder dengan tingkat kelurusan yang sangat bagus, tidak memerlukan pemangkasan karena pada masa pertumbuhan cabang akan rontok sendiri. Tekstur kayunya lebih bagus dibanding tanaman kayu lainnnya, lebih mudah dikeringkan ataupun direkatkan dan tidak cacat, arah seratnya terpadu, permukaan kayu mengkilap, dan terbukti keawetan atau daya tahannya. Pohon jabon dapat tumbuh subur di hutan tropis dengan ketinggian 10-2000 m dpl, curah hujan 1250-3000 m/tahun, suhu 10o-40o C dan kondisi tanah dengan pH 4,5-7,5. Kondisi ini sesuai dengan kondisi geografis kota Malang yang terletak pada ketinggaian antara 440-667 m dpl, suhu udara antara 22,7oC – 25,1oC dengan suhu maksimum 32,7oC dan suhu minimum 18,4oC (Sumber : wikipedia.org).

jabon

            Investasi tanaman jabon saat ini menjadi trend di masyarakat kota Malang. Prospek investasi kayu ini ke depan sangat bagus karena sangat cocok tempat tumbuhnya dengan letak geografis kota Malang di dataran tinggi, terutama di daerah lereng pegunungan yang tanahnya banyak yang kurang produktif. Perawatannya pun cukup mudah karena pohon jabon mudah tumbuh dan berkembang. Kayu jabon tidak memiliki serat, batangnya yang lurus dan silinder sangat cocok digunakan sebagai bahan baku untuk industri perkayuan. Secara ekonomi, budidaya tanaman jabon memberi keuntungan yang besar dalam waktu yang relatif singkat jika dibanding budidaya tanaman kayu lainnya seperti jati yang membutuhkan waktu yang relatif lama untuk panennya.

2 pemikiran pada “Hijaukan Bumi dengan Jabon – Tanaman Kayu Unggulan Kota Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s